Berita
Mendalami Iman Lewat Kegiatan Rekoleksi Kelas XII Angkatan XVI

Mendalami Iman Lewat Kegiatan Rekoleksi Kelas XII Angkatan XVI

Penyampaian materi oleh Frater Antonius Tedy, MSF.

Kegiatan Rekoleksi kelas XII angkatan XVI dilaksanakan pada Sabtu, 27 Januari 2024. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya sebagai kegiatan pendalaman iman bagi siswa siswi kelas XII yang sebentar lagi akan dilepas secara resmi menjadi Alumni SMA Katolik Santo Fransiskus Assisi Samarinda. Tema yang diangkat tahun ini adalah “Who Am I?” yang dibawakan oleh Frater Antonius Tedy, MSF.

Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” dan “Mars SMA Assisi”

Seluruh rangkaian kegiatan rekoleksi ini dilaksanakan di Aula Bina Warga Gereja Santo Lukas Samarinda. Kegiatan diawali dengan doa pembuka, dilanjutkan dengan menyanyi lagu Indonesia Raya dan Mars SMA Assisi. Setelah itu, Bapak Kristoforus Gustian, S.S., S.Pd., Gr. selaku kepala sekolah SMA Assisi memberikan kata sambutannya.

Sesi materi pertama adalah “Tuhan Mengasihi Aku,” di mana pada sesi ini Frater Antonius menjelaskan bahwa Tuhan selalu mengasihi umat-Nya tanpa memandang apapun. Tuhan tidak akan pernah meninggalkan kita sendirian, dan Ia selalu membimbing setiap langkah kehidupan kita.

Lanjut pada sesi kedua dengan sub tema “Who Am I?” menjelaskan tentang jati diri kita yang unik dan berbeda-beda. Tuhan telah memberikan tiga hadiah kepada setiap manusia, yaitu hadiah berupa fisik dan rupa manusia, seperti kulit sawo matang, tubuh yang gemuk, mata besar, dan lain sebagainya. Hadiah yang kedua adalah sifat dan kepribadian manusia, seperti baik hati, senang membantu orang lain, jujur, ramah dan sopan. Dan hadiah yang ketiga berupa bakat dan talenta manusia, seperti ahli dalam bidang matematika, melukis, serta masih banyak lagi.

Sesi istirahat – makan bersama

Sesi materi dijeda untuk istirahat. Frater Antonius mengajak serta memimpin seluruh siswa untuk bersatu dalam doa Angelus, dan dilanjutkan dengan makan siang bersama.

Usai istirahat, kegiatan dilanjutkan dengan sesi materi terakhir yaitu, “Menemukan Misi Hidup,” yang mengajarkan bahwa, dengan semua hadiah yang telah diberikan Tuhan, kita harus menggunakan dan mengembangkannya ke arah yang positif untuk menemukan misi hidup kita sebagai umat Allah.

Banyak sekali pembelajaran yang didapatkan dari kegiatan rekoleksi ini. Dengan penyampaian materi yang menari dari Frater Antonius, membuat para siswa nyaman dan betah memperhatikan setiap materinya. Selain sebagai kegiatan pendalaman iman, kegiatan rekoleksi ini tentu menjadi kegiatan kebersamaan para siswa dan siswi SMA Katolik Santo Fransiskus Assisi Samarinda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *